Berita Lhokseumawe

Musrenbang Kecamatan Tahun 2018

Posted by:

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan dalam turunannya yaitu Permendagri 86 Tahun 2017. Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan bagian dari tahapan perencanaan pembangunan sebagai wujud implementasi perencanaan yang partisipatif, aspiratif, dan terpadu.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan salah satu wahana bagi Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam rangka menjaring berbagai aspirasi yang melibatkan seluruh komponen untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran dalam penyempurnaan perencanaan pembangunan Kota Lhokseumawe. Selain itu, pelaksanaan Musrenbang Kecamatan juga mempunyai fungsi strategis sebagai salah satu media transpormasi untuk merubah paradigma dalam mewujudkan perencanaan yang memiliki nilai akuntabilitas serta konsistensi sesuai norma dan kebutuhan.

Dengan adanya berbagai masukan dan saran yang diperoleh dari pelaksanaan musrenbang ini, arah dan kebijakan serta program/kegiatan yang akan dimuat dalam dokumen RKPK Lhokseumawe Tahun 2019 benar-benar dapat mengakomodir dan menyentuh seluruh kebutuhan masyarakat Kota Lhokseumawe secara tepat, cepat, adil dan merata serta memperhatikan dan mengikuti prinsip-prinsip penyusunan perencanaan yang bersifat teknokratik, parsitipatif, politis, top down dan bottom up.

Pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda dengan pelaksanaan musrenbang tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada musrenbang tahun ini Pemerintah Kota Lhokseumawe mulai melaksanakan musrenbang dengan menggunakan aplikasi e-musrenbang yang merupakan bagian dari sistem perencanaan yang berbasis elektronik. Musrenbang Kecamatan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 12 Maret 2018 di Kecamatan Muara Satu, tanggal 13 Maret 2018 di Kecamatan Blang Mangat, tanggal 14 Maret 2018 di Kecamatan Muara Dua, dan tanggal 15 Maret 2018 di Kecamatan Banda Sakti.

Lihat juga : Galery Kegiatan

0

Add a Comment