Berita Lhokseumawe

Pelatihan Operator e-Musrenbang Kota Lhokseumawe

Posted by:

Dalam rangka implementasi perencanaan pembangunan yang berbasis elektronik (e-planning), Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Bappeda Kota Lhokseumawe akan melaksanakan perencanaan pembangunan berbasis elektronik mulai dari perencanaan pembangunan di tingkat Gampong sampai dengan perencanaan tingkat Kota Lhokseumawe. Adapun aplikasi yang digunakan adalah aplikasi e-Musrenbang dan i-Rencana. Kedua aplikasi ini merupakan Replikasi dari Aplikasi yang sudah digunakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh. Pemerintah Kota Lhokseumawe dan Pemerintah Kota Banda telah sepakat untuk menjalin kerjasama dengan akan diadopsinya aplikasi perencanaan Kota Banda Aceh, yaitu e-Musrenbang dan i-Rencana oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe. Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM dan Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya pada tanggal 4 Oktober 2017 di ruang rapat Walikota Banda Aceh dengan disaksikan oleh sekretaris daerah dan beberapa pejabat terkait dari kedua daerah.

Untuk memantapkan penggunaan aplikasi sampai dengan ke tingkat gampong, stakeholder dan SKPK, Bappeda Kota Lhokseumawe melaksanakan pelatihan untuk Operator. Adapun operator yang dilatih terdiri dari Operator Gampong yang berasal dari 68 Gampong yang ada di Kota Lhokseumawe, Operator Kecamatan, Operator SKPK, Operator Anggota DPRK Lhokseumawe, dan Operator Verfikator Bappeda Kota Lhokseumawe.

Pelatihan dilaksanakan secara bertahap menurut jenjang User Pengguna Aplikasi. Untuk pelatihan Operator Gampong dan Operator Kecamatan dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan secara serempak di empat kecamatan yang dibuka oleh masing-masing Camat pada tanggal 18 Januari 2018. Selanjutnya pelatihan untuk Operator SKPK di Opp. Room Bappeda Kota Lhokseumawe diaksanakan pada tanggal 29 Januari 2018, dan yang terakhir pelatihan untuk Operator Anggota DPRK di Opp. Room Bappeda Kota Lhokseumawe pada tanggal 13 Februari 2018.

0

Add a Comment