Berita Lhokseumawe

Fasilitasi Aplikasi e-Musrenbang Tahun 2019

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) Lhokseumawe Tahun 2020 secara bottom up dengan menggunakan Sistem Perencanaan secara Elektronik (eplanning) yaitu e-Musrenbang. Salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah penginputan usulan program/kegiatan berdasarkan hasil musyawarah perencanaan pembangunan tingkat gampong (Musrenbang Tingkat Gampong) ke dalam aplikasi e-Musrenbang oleh Operator Gampong.

Untuk memudahkan dalam menggunakan aplikasi e-Musrenbang, Bappeda Kota Lhokseumawe melaksanakan Fasilitasi Penggunaan Aplikasi e-Musrenbang kepada para Operator Gampong. Kegiatan fasilitasi tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 11 Februari 2019 sampai dengan 14 Februari 2019 bertempat di Bappeda Kota Lhokseumawe.

Kegiatan Fasilitasi dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe, Salahuddin, S.ST, MSM. Dalam sambutannya Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe mengharapkan agar Pemerintah Gampong lebih inovatif dalam mengusulkan program/kegiatan, disamping itu program/kegiatan yang memiliki daya ungkit dan mempunyai dampak yang luas bagi masyarakat.

Kepala Bappeda juga menyatakan bahwa e-planning merupakan usaha strategis untuk meminimalisir usulan-usulan di tengah jalan atau dapat disebut juga dengan “penumpang gelap” dalam proses pembangunan secara bottom up. Diakhir sambutannya, Kepala Bappeda mereview pelaksanaan e-planning sebelumnya, dimana kurang dari 30% gampong yang menggunakan aplikasi e-musrenbang, sehingga hanya 16 (enam belas) gampong saja yang mengusulkan.

Selanjutnya pemaparan dan fasilitasi penginputan kepada Operator Gampong disampaikan oleh Sdr. Muslim, ST, M.Sc selaku Kasubbid Pendanaan Non APBK dan Kerjasama Pembangunan Bappeda Kota Lhokseumawe.

Diakhir sesi Kasubbid Penyusunan Program dan Pendanaan APBK Bappeda Kota Lhokseumawe Sdri. Khennita Zulqavia, SP menyampaikan Jadwal Penginputan Program/Kegiatan Hasil Musrenbang Gampong ke dalam Aplikasi e-Musrenbang dapat dilakukan terhitung mulai tanggal 11 Februari 2019 sampai dengan tanggal 20 Februari 2019. Selanjutnya Sdri. Khennita Zulqavia, SP menyampaikan bahwa usulan yang diinput oleh Operator Gampong nantinya akan dibahas pada Forum Musrenbang Tingkat Kecamatan yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2019 sampai dengan 28 Februari 2019.

0

Add a Comment