Author Archive

Inflasi Kota Lhokseumawe Juni 2018

Data Inflasi pada bulan Juni 2018, Kota Lhokseumawe mengalami Inflasi sebesar 1,10 persen dan Laju Inflasi tahun kalender 2018 untuk Kota Lhokseumawe adalah -0,22 persen, Sedangkan Inflasi “year on year” (Juni 2018 terhadap Juni 2017) untuk Kota Lhokseumawe sebesar 4,66 persen.

Penyebab Inflasi yang terjadi di Kota Lhokseumawe pada bulan Juni 2018, disebabkan adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 1,49 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,39 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,46 persen, serta kelompok kesehatan sebesar 0,30 persen. kelompok sandang sebesar 2,02 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0,22 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,07 persen.

1

Inflasi Kota Lhokseumawe Mei 2018

Data Inflasi pada bulan Mei 2018, Kota Lhokseumawe mengalami Inflasi sebesar 0,69 persen dan Laju Inflasi tahun kalender 2018 untuk Kota Lhokseumawe adalah -0,22 persen, Sedangkan Inflasi “year on year” (Mei 2018 terhadap Mei 2017) untuk Kota Lhokseumawe sebesar 4,66 persen.

Penyebab Inflasi yang terjadi di Kota Lhokseumawe pada bulan Mei 2018, disebabkan adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 1,49 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,39 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,46 persen, serta kelompok kesehatan sebesar 0,30 persen. kelompok sandang sebesar 2,02 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0,22 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,07 persen.

Mei

0

Inflasi Kota Lhokseumawe April 2018

Data Inflasi pada bulan April tahun 2018, Kota Lhokseumawe mengalami deflasi sebesar 0,45 persen dan Laju Inflasi tahun kalender 2018 untuk Kota Lhokseumawe adalah -0,90 persen, Sedangkan Inflasi “year on year” (April 2018 terhadap April 2017) untuk Kota Lhokseumawe sebesar 4,66 persen.

Penyebab Inflasi yang terjadi di Kota Lhokseumawe pada bulan April 2018, disebabkan adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 1,75 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,07 persen. kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,55 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,46 persen, serta kelompok kesehatan sebesar 0,08 persen. Sedangkan kelompok yang mengalami kenaikan indeks yaitu kelompok sandang sebesar 0,47 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0,09 persen.

0

Verifikasi Usulan Kegiatan DAK Tahun 2019

Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 117 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pengusulan dan Verifikasi Usulan Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 906/1545/SJ tanggal 12 Maret 2018 tentang Tata Cara Pengusulan dan Verifikasi Usulan Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah yang Dibiayai Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2019, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota diamanahkan untuk membentuk Tim Verifikasi DAK yang terdiri dari unsur Bappeda, Badan Pengelola Keuangan Daerah, Inspektorat dan Bagian Pembangunan.

Sebagaimana yang diamanahkan dalam SE Mendagri No. 906/1545/SJ, mulai tanggal 9 s/d 13 April 2018 Tim Verifikasi DAK Kota Lhokseumawe melakukan verifikasi terhadap rancangan usulan DAK Fisik Tahun 2019 yang sudah diusulkan oleh SKPK melalui aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA) Kementerian PPN/Bappenas.

Untuk memudahkan verifikasi, Tim dibagi menjadi tiga Pokja Bidang yaitu Pokja Bidang Sarana dan Prasarana; Pokja Bidang Ekonomi; dan Pokja Bidang Sosial Budaya. Masing-masing Pokja Bidang terdiri dari unsur Bappeda, BPKD, Inspektorat dan Bagian Pembangunan. Dalam melaksanakan tugasnya Tim Verifikasi DAK berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 117 Tahun 2017. Rancangan usulan DAK Fisik Kota Lhokseumawe dalam Aplikasi KRISNA yang telah diverifikasi dan dirangkingkan berdasarkan prioritas selanjutnya akan dilakukan verifikasi oleh Tim Verifikasi DAK Provinsi pada tanggal 16 s/d 24 April 2018.

2

Evaluasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Kota Lhokseumawe

Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang memegang peran penting dalam meningkatkan layanan administrasi sekolah. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tenaga administrasi sekolah perlu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Salah satu upaya untuk membimbing tenaga administrasi sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun panduan kerja yang berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala administrasi, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus sekolah/madrasah.

Dalam rangka melaksanakan Kegiatan Pengkajian Kebijakan Pendidikan Kota Lhokseumawe yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, pada tahun 2018 Bappeda Kota Lhokseumawe melakukan evaluasi kinerja tenaga administrasi sekolah jenjang SMP se-Kota Lhokseumawe baik SMP Negeri maupun SMP Swasta yang berjumlah seluruhnya 27 SMP.

Instrument yang digunakan untuk melakukan evalusi tersebut adalah kuesioner yang berisi pertanyaan tentang ketersediaan dokumen administrasi sekolah yang pernah dibuat/dikerjakan oleh tenaga administasi sekolah sesuai dengan panduan kerja yang telah dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. Hasil dari evaluasi tersebut nantinya akan disusun dalam sebuah laporan akhir.

0

Forum SKPK Lhokseumawe Tahun 2018

Dalam rangka pembahasan usulan hasil Musrenbang Kecamatan, Pemerintah Kota Lhokseuamawe melalui Bappeda Kota Lhokseumawe melaksanakan Forum Gabungan SKPK mulai tanggal 4 April 2018 sampai dengan 5 April 2018 di Bappeda Kota Lhokseumawe yang dipimpin oleh seluruh Kepala Bidang Bappeda Kota Lhokseumawe. Forum pembahasan dibagi menjadi 4 (empat) Pokja, yaitu Pokja Sarana dan Prasarana dilaksanakan pada tanggal 4 April 2018 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai dipimpin oleh Kabid. Perencanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana (Tuti Indriani, ST, MM); Pokja Ekonomi dan Ketenagakerjaan dilaksanakan pada tanggal yang sama pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai dipimpin oleh Kabid. Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Ketenagakerjaan (Ridha Fahmi, S.STP, MSP); Pokja Keistimewaan Aceh dan SDM (A) dilaksanakan pada tanggal 5 April 2018 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai dipimpin oleh Kabid. Perencanaan Pembangunan Keistimewaan Aceh dan Pengembangan SDM (Ir. Fakhrizal); dan Pokja Keistimewaan Aceh dan SDM (B) dilaksanakan pada tanggal 5 April 2018 pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai dipimpin oleh Kabid. Penelitian dan Pengembangan (Nurkhalis, S.Sos). Pelaksanakaan Forum Gabungan SKPK bertempat di Op-room Bappeda Kota Lhokseumawe.

Materi forum adalah pembahasan terhadap usulan-usulan gampong dalam aplikasi e-musrenbang yang sebelumnya telah dibahas dalam Musrenbang Kecamatan dan diteruskan untuk diproses oleh SKPK terkait sesuai dengan tupoksinya. Dalam pembahasan usulan, SKPK menyeleraskan dengan Rencana Kerja SKPK Tahun 2019. Selain membahas usulan gampong, forum juga membahas usulan-usulan hasil reses. Setelah semua usulan dalam aplikasi e-musrenbang dibahas bersama, masing-masing SKPK membuat Berita Acara Hasil Kesepakatan Forum SKPK yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan dalam penyempurnaan penyusunan Rencana Kerja SKPK dan RKPK.

Lihat juga : Galery Kegiatan

0

Musrenbang Kota Lhokseumawe Tahun 2018

Pemerintah Kota Lhokseumawe melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kota Lhokseumawe Tahun 2019 pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018 bertempat di Aula Pertemuan Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe. Musrenbang dengan tema “PEMBANGUNAN PEMERINTAHAN YANG BERINTEGRITAS SERTA PENGUATAN KINERJA KEUANGAN YANG AKUNTABEL” dihadiri oleh berbagai unsur stakeholder dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Kota.

Dalam pidato pembukaan Walikota yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe Bapak Bukhari, A.Ks, MM menyebutkan bahwa RKPK Lhokseumawe Tahun 2019 merupakan tahun kedua dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Lhokseumawe Tahun 2017-2022. Hasil dari musrenbang ini akan dijadikan dasar dalam menyempurnakan Rancangan RKPK Lhokseumawe Tahun 2019. Selanjutnya RKPK Lhokseumawe Tahun 2019 menjadi acuan pada penyusunan KUAPBK dan PPAS Tahun 2019.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Musrenbang RKPK Lhokseumawe, Bapak Ridha Fahmi, S.STP, MSP (Kabid. Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Ketenagakerjaan Bappeda Kota Lhokseumawe) melaporkan bahwa sebelum dilaksanakannya Musrenbang pada hari tersebut, telah dilaksanakan berbagai tahapan kegiatan yaitu Penyusunan Rancangan Awal RKPK; Forum Konsultasi Publik Terhadap Penyusunan Rancangan Awal RKPK; Sosialisasi dan Pelatihan e-planning; Penyusunan Rancangan RKPK; Musrenbang Kecamatan; dan Pembahasan program/kegiatan bersumber dari anggaran DAK dan OTSUS yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 maret 2018 di Op-Room Bappeda Lhokseumawe.

Musrenbang RKPK Lhokseumawe Tahun 2019 juga dihadiri oleh unsur Bappeda Aceh, diisi dengan Pidato dan Arahan Kepala Bappeda Aceh yang disampaikan oleh Bapak M. Fadhil. Paparan Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe oleh Bapak Mulyanto, S.Sos tentang Arah dan Kebijakan Pembangunan Kota Lhokseumawe Tahun 2019 dan Prioritas Pembangunan Kota Lhokseumawe,  serta diskusi yang dipandu oleh Bapak Amiruddin MZ, SE, MM (Kabid. Program dan Pendanaan Pembangunan Bappeda Kota Lhokseumawe).

Lihat juga : Galery Kegiatan

0

Inflasi Kota Lhokseumawe Maret 2018

Data Inflasi pada bulan Maret 2018, Kota Lhokseumawe mengalami deflasi sebesar 0,25 persen dan Laju Inflasi tahun kalender 2018 untuk Kota Lhokseumawe adalah -0,46 persen, Sedangkan Inflasi “year on year” (Maret 2018 terhadap Maret 2017) untuk Kota Lhokseumawe sebesar 4,42 persen.

Penyebab Inflasi yang terjadi di Kota Lhokseumawe pada bulan Maret 2018, disebabkan adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 1,11 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,30 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,10 persen, serta kelompok kesehatan sebesar 0,35 persen. Sedangkan kelompok yang mengalami kenaikan indeks yaitu kelompok sandang sebesar 0,28 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0,0002 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,08 persen.

0

Musrenbang Kecamatan Tahun 2018

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan amanat UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan dalam turunannya yaitu Permendagri 86 Tahun 2017. Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan bagian dari tahapan perencanaan pembangunan sebagai wujud implementasi perencanaan yang partisipatif, aspiratif, dan terpadu.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan salah satu wahana bagi Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam rangka menjaring berbagai aspirasi yang melibatkan seluruh komponen untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran dalam penyempurnaan perencanaan pembangunan Kota Lhokseumawe. Selain itu, pelaksanaan Musrenbang Kecamatan juga mempunyai fungsi strategis sebagai salah satu media transpormasi untuk merubah paradigma dalam mewujudkan perencanaan yang memiliki nilai akuntabilitas serta konsistensi sesuai norma dan kebutuhan.

Dengan adanya berbagai masukan dan saran yang diperoleh dari pelaksanaan musrenbang ini, arah dan kebijakan serta program/kegiatan yang akan dimuat dalam dokumen RKPK Lhokseumawe Tahun 2019 benar-benar dapat mengakomodir dan menyentuh seluruh kebutuhan masyarakat Kota Lhokseumawe secara tepat, cepat, adil dan merata serta memperhatikan dan mengikuti prinsip-prinsip penyusunan perencanaan yang bersifat teknokratik, parsitipatif, politis, top down dan bottom up.

Pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda dengan pelaksanaan musrenbang tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada musrenbang tahun ini Pemerintah Kota Lhokseumawe mulai melaksanakan musrenbang dengan menggunakan aplikasi e-musrenbang yang merupakan bagian dari sistem perencanaan yang berbasis elektronik. Musrenbang Kecamatan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 12 Maret 2018 di Kecamatan Muara Satu, tanggal 13 Maret 2018 di Kecamatan Blang Mangat, tanggal 14 Maret 2018 di Kecamatan Muara Dua, dan tanggal 15 Maret 2018 di Kecamatan Banda Sakti.

Lihat juga : Galery Kegiatan

0

Inflasi Kota Lhokseumawe Februari 2018

Data Inflasi pada bulan Februari 2018, Kota Lhokseumawe mengalami deflasi sebesar 0,53 persen dan Laju Inflasi tahun kalender 2018 untuk Kota Lhokseumawe adalah -0,21 persen, Sedangkan Inflasi “year on year” (Februari 2018 terhadap Februari 2017) untuk Kota Lhokseumawe sebesar 3,21 persen.

Penyebab Inflasi yang terjadi di Kota Lhokseumawe pada bulan Februari 2018, disebabkan adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 1,70 persen, kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,65 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,10 persen, serta kelompok kesehatan sebesar 0,04 persen. Sedangkan kelompok yang mengalami kenaikan indeks yaitu kelompok sandang sebesar 0,22 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok & tembakau sebesar 0,16 persen, serta kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,09 persen.

0
Page 3 of 5 12345